0
Bahaya Merokok Dan Kandungan Racun Pada Rokok




Tahukah Anda, dalam sebatang rokok, terdapat 4000 lebih bahan kimia dan gas?Gas apa yang terkandung? Apa dampaknya bagi kesehatan?

NIKOTIN, RACUN NO 1 :

Zat yang paling berbahaya diantara 4000 bahan kimia dan gas dalam rokok adalah nikotin. Setiap kali mengisap rokok, seseorang memasukkan nikotin ke dalam paru-parunya lalu ke otaknya.
Penelitian telah membuktikan bahwa nikotin dapat mengakibatkan ketagihan, sama seperti heroin dan kokain.Nikotin juga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah.
Pembuluh darah yang sempit membuat darah menjadi lebih sulit mengalir ke seluruh tubuh. Organ-organ ( bagian-bagian penting ) tubuh menjadi kekurangan oksigen karena aliran darah tidak lancar. Hal ini membuat jantung dipaksa bekerja lebih keras memompa darah. Akibatnya, tekanan darah menjadi tinggi dan jantung menjadi cepat rusak atau terkena penyakit.
========================================================================
RACUN NOMOR 2,3 dan 4 :

Selain nikotin, zat paling berbahaya lainnya adalah tar, karbonmonoksida.
Tar adalah salah satu zat penyebab kanker.Karbonmonoksida adalah gas yang mirip dengan asap yang dikeluarkan oleh knalpot kendaraan.Karbonmonoksida dapat menyebabkan sel darah merah sulit menyerap oksigen, sehingga dapat mengganggu kerja jantung.
Sedangkan karbondioksida adalah gas sisa pernafasan yang harus segera dikeluarkan dari paru-paru.
========================================================================
RACUN-RACUN PENDUKUNG :

Zat-zat beracun lainnya,misalnya amonia ( bahan pembersih lantai ), naftalen ( zat kapur barus ), hidrogen sianida ( racun yang digunakan untuk pelaksanaan hukuman mati ), aseton (penghapus cat kuku , toluen (pelarut ), metanol (bahan bakar roket), arsenik ( racun semut), butan (bahan bakar korek api), kadmium ( bahan aki mobil ),DDT (racun serangga), vinil klorida (bahan plastik), dan lain-lain.
========================================================================
MENJAUHLAH DARI PEROKOK :

Asap rokok yang dihirup manusia ada 2 jenis: Asap langsung dan tidak langsung. Asap langsung adalah asap yang keluar dari mulut si pengisap rokok. Sedangkan asap tidak langsung adalah asap yang keluar dari rokok yang dibakar.
Orang yang tidak merokok, tetapi terpaksa menghirup asap rokok orang lain dinamakan perokok pasif. Perokok pasif terancam bahaya lebih besar daripada si pengisap rokok atau perokok aktif. Karena telah mengisap rokok selama bertahun-tahun, tubuh perokok aktif membentuk antibodi yang dapat mengurangi penyerapan racun dalam tubuh.
========================================================================
MEMPERCEPAT KEMATIAN :

Jika perokok pasif itu adalah anak-anak, maka bahayanya lebih besar lagi. racun yang terhirup akan mengganggu kerja organ tubuh seperti paru dan jantung. Jika organ tubuh sudah terganggu sejak kecil, maka tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. Penelitian Pusat Kanker Amerika menyatakan: para perokok dapat kehilangan 20 sampai 25 tahun masa hidupnya. Maksudnya, rokok mengakibatkan organ tubuh cepat rusak sehingga mempercepat kematian seseorang.
========================================================================
Nah, sekarang kita semua tahu bahwa sebatang rokok ternyata menyimpan bahaya yang sangat besar. Oleh karena itu beritahulah orang-orang yang Anda cintai agar mereka mulai berhenti merokok. Lagipula, dengan tidak merokok, berarti kita sudah memelihara udara bersih dan sehat.

Terimakasih Telah Membaca Artikel Bahaya Merokok Dan Kandungan Racun Pada Rokok,Semoga Artikel Ini Bermanfaat Bagi Sobat Semua ^_^

Posting Komentar Blogger

Berkomentarlah Dengan Baik Dan Benar ... !!!
Komentar anda mencerminkan diri anda ... !!!

 
Top