0



Semakin Tinggi kebutuhan seseorang untuk menyimpan dan mengakses data yang mereka miliki,maka dibuatlah sebuah terobosan yaitu Penyimpanan Awan yang dapat digunakan di mana saja...

Ada beberapa penyimpanan awan yang populer yaitu SkyDrive,Box,DropBox,GoogleDrive,

Tetapi disisni saya akan meriview Google Drive Dan Dropbox Karena DropBox Dan Google Drive lebih baik ... Menurut Saya.. :D

Google drive pertama kali diluncurkan pada tanggal 24 april 2012 ditandai dengan penambahan kapasitas google mail hingga 10GB. Sebelumnya, Gmail memiliki kapasitas 7,5Gb yang dirasa masih kurang oleh para pengguna. Berkat penambahan ini, berarti para pengguna dapat menyimpan sampai ribuan surat elektronik. Sebagai informasi, sampai saat ini, Gmail merupakan email dengan kapasitas terbanyak dibandingkan Yahoo! dan Hotmail.

Google Drive Vs DropBox

Persaingan antara google drive dan drop box terlihat cukup mencolok, dimulai dengan pemberian kapasitas cuma-cuma yang bisa digunakan oleh pengguna. goole drive memberikan kapasitas sebesar 5GB, sedangkan dropbox “hanya” memberikan kapasitas sebesar 2GB. Selain itu, dropbox menyediakan kapasitas maksimal penyimpanan hingga 1TB dengan harga $795 / 5 users, sedankan google drive menyediakan kapasitas maksimal hingga 16TB denganharga $799.99 / bulan. Persaingan semakin terlihat nyata, jika kita melihat slogan dari kedua kubu, dropbox team says : “Your life’s work, wherever you are”, sedangkan tim dari google drive mengusung tagline : “All your files – everywhere”.

Gambar 1.1 google drive vs dropbox

NO Fitur                                         Google Drive                          DropBox

1.Kapasitas Penyimpanan Gratis:      5GB                                       2GB(Dapat Ditingkankan Dengan Cara
                                                                                                         Mengundang Teman)
2.Kapasitas Minimum                :       16TB                                      1TB

3.Berbagai Map(Folder)            :       Ya                                            Ya

4.Aplikasi SmartPhone               :       Android (Iphone,Ipad)             Iphone,Ipad,BlackBerry,Android


Peperangan, begitu saya menyebut persaingan antara google drive dan dropbox. Untuk menentukan pemenang antara google drive dan dropbox, mari kita review kelebihan dan kekurangan dari masing-masing product tersebut.

Keunggulan Google Drive

1. Integrasi dengan seluruh layanan google

Dewasa ini, layanan google sudah dapat dipastikan dipakai oleh majoritas pengguna internet di dunia, dimulai dari fasilitas search engine, google mail, google calender, google documents (sudah diganti menjadi google drive), ataupun google analytics. Hal ini membuktikan bahwa kehadiran google sangat berguna. Dengan terintegrasi nya google drive dengan semua layanan diatas, menjadi salah satu point penting bagi google drive untuk menarik minat dari pelanggan, dan mulai mengalahkan dominasi drop box pada segment cloud storage services.

2. Mendukung Cross Platform

Seperti yang sudah kita ketahui bersama-sama, peperangan di dunia teknologi tidak hanya terjadi di bagian cloud computing, peperangan yang lain pun terjadi di bidang mobile application / native application. Google drive sudah didukung sepenuhnya oleh platform android, yang artinya Anda dapat melakukan editing document secara langsung di device android Anda.

Selain android, google drive juga sudah didukung oleh platform windows, dan OS X. Untuk platform iOS, dikabarkan akan segera menyusul.

3. Mendukung berbagai jenis file

Dikabarkan melalu website resminya , google drive membantu anda membuka lebih dari 30 jenis aplikasi dengan format yang berbeda, seperti adobe photoshop, flash atau ilustrator, meskipun aplikasi tersebut tidak ter install di komputer Anda.

4. Kolaborasi Real-time

Masih ingat dengan google wave ? layanan tersebut memang sudah ditutup sejak 4 agustus 2010, karena semenjak peluncurannya, layanan tersebut kurang mendapatkan respon dari pengguna. Kali ini, layanan serupa namun tak sama, kembali diluncurkan oleh google drive dengan packages yang berbeda, fitur real-time collaboration dimasukkan ke dalam google drive. FYI, fitur real-time collaboration sudah mulai diterapkan di google docs, yang sekarang sudah diganti menjadi google drive.


Keunggulan Drop-box

1. Mendukung Cross platform

Seperti google drive, drop box juga didukung oleh berbagai macam platform, namun nilai tambah dari drop box adalah, mereka memiliki jumlah dukungan platform yang lebih banyak dari google drive. iPhone dan iOS, sudah mampu menjalankan aplikasi drop box pada platform mereka.

2. Dukungan Pihak Ketiga (Third party support)

Untuk masalah third party support, drop box, mengungguli google drive, karena untuk seluruh API yang bisa digunakan oleh pengembang sebagai layanan third party sudah disiapkan sepenuhnya oleh drop box, sedangkan untuk google drive, layanan API masih dalam tahap pengembangan

Untuk mengetahui lebih dalam tentang dropbox, silahkan Anda membaca artikel CloudIndonesiA di tautan Dropbox – Freemium Cloud Storage Service.


KESIMPULAN

Setelah kita bahas satu persatu, kini pertanyaan nya adalah siapakah yang lebih baik antara google drive dan dropbox??. Setiap orang memiliki pendapatnya masing-masing, silahkan Anda yang menentukan sendiri, siapakah yang memiliki layanan terbaik, apakah google drive atau drop-box. sekian. :D :D :D :D :D

Bila Anda Ingin Menggunakan Dropbox Bisa Langsung Menuju Link Ini.
Bila Anda Ingin Menggunakan Google Drive Bisa Langsung Menuju Link Ini.

Terimakasih Telah Membaca Google Drive vs DropBox semoga artikel ini membantu anda... :D

Posting Komentar Blogger

Berkomentarlah Dengan Baik Dan Benar ... !!!
Komentar anda mencerminkan diri anda ... !!!

 
Top